Puncak Gunung Tertinggi Di Dunia

Puncak Gunung Tertinggi Di Dunia

Blogging

5 Fakta Menarik Tentang Puncak Gunung Mauna Kea

5 Fakta Menarik Tentang Puncak Gunung Mauna Kea

Selama ini, Gunung Everest diklain sebagai gunung yang tertinggi di dunia yaitu 8.840 meter dari pemukaan laut.  Gunung ini berada di perbatasan Nepal dan Tibet yang berada di kawasan Asia Selatan. Akan tetapi berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh USGS ( United States Geological Survey ) ternyata masih ada gunung yang lebih tinggi dari Everest. Gunung tersebut bernama Puncak Gunung Mauna Kea. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 10.210 meter dari bawah permukaan air laut. Akan tetapi jika diukur dari atas permukaan laut, tinggi gunung ini hanya 4.205 mdpl dan tingginya 6.005 meter.

Hal Yang Unik Dari Puncak Gunung Mauna Kea

5 Fakta Menarik Tentang Puncak Gunung Mauna Kea

Gunung Mauna Kea ini berada di Kepulauan Hawaii Amerika Serikat. Ini mempunyai beberapa fakta-fakta menarik. Berikut ini fakta menarik tentang gunung Mauna Kea, yaitu :

  1. Mauna Kea menjadi gungung tertinggi di dunia

Apabila dihiitung dari kaki gunung, Mauna Kea menjadi gunung tertinggi di dunia. Gunung ini memiliki total ketinggian kurang lebih 10.210 meter yaitu 1300 meter lebih tinggi dari gunung Everest. Kaki gunung Mauna Kea berada di bawah permukaan air laut pada kedalaman 6000 meter. Sedangkan gunung Everst  kaki gunungnya berada di daratan yang sejajar dengan permukaan air laut.

  1. Mauna Kea temasuk gunung purba berapi

Pada zaman dahulu gunung Mauna Kea mengalami erupsi dan mengeluarkan lahar hingga membentuk lapisan yang padat.  Akan tetapi, gunung ini sekarang hanya mempunyai pasokan magma yang sangat sedikut bahkan diperkirakan tidak akan mengalami erupsi besar pada masa sekarang.

Gunung Mauna Kea juga sudah dibuka sebagai destinasi wisata. Zaman dahulu,  masyarakat Hawaii memberinama gunung tersebut dengan Mauna A Wakea yang mempunyai arti Gunung Putih. Masyarakat setempat mempercayai jika gunung ini merupakan asal-usul dari nenek moyang mereka.

  1. Terdapat Observatorium yang canggih di puncak gunung

Pada bagian puncak gunung Mauna Kea terdapat sebuah observatorium dan berbagai fasilitas penelitian astronomi. Observatirium ini adalah salah satu observatorium yng paling canggih di dunia. Ada banyak ilmuan dan juga para ahli astronomi yang melakukan  penelitian di tempat ini. Bahkan tempat bekerjasama dengan NASA dan Angkatan Udara di Amerika Serikat dalam bidang penelitian astronomi.

  1. Memilik sumber daya alam yang melimpah

Layaknya sebuah area penggunungan yang lainnya, Mauna Kea mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Sekitar area pegunungan ini juga mempunyai ada istiadat, budaya dan kehidupan masyarakat lokalnya yang sangat khas. Pada  zaman dahulu, masyarakat setempat percaya jika daerah ini merupakan tempat yang sangat penuh dengan kedamainan dan dijadikan tempat berkumpulnya para dewa-dewi.  Selain itu, gunung ini juga menjadi habitat dari berbagai macam flora dan fauna yang sangat langka yang tidak akan ditemukan dimanapun.

  1. Keberadaan teleskop raksasa di puncak gunung sempat mendapatkan protes keras

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa di area puncak gunung Kilimanjaro ini dibangun sebuah fasilitas penelitian astronomi yang sudah menggunakan peralatan yang canggih. Keberadaannya ini sempat mendapatkan protes dari masyarakat sekitar yang mana dianggap akan merusak habitat alami beberapa spesies flora dan fauna yang ada di kawasan puncak gunung Mauna Kea. Mereka juga menganggap bahwa Gunung Mauna Kea adalah sebuah tempat keramat yang tidak boleh dirusak karena disana dipercaya sebagai tempat berdiamnya arwah-arwah nenek moyang yang menjaga kawasan tersebut.

Categories:
Blogging
You Might Also Like